Jumat, 27 September 2013

PENANAMAN NILAI – NILAI LUHUR SEJAK DINI

Diposting oleh notes of a dreamer di 17.31
Kalau mengingat masa lalu, sewaktu saya masih kecil orang tua saya sangat memperhatikan perkembangan saya, mereka juga selalu mengajarkan saya mengenai nilai-nilai luhur seperti kedisiplinan, baik disiplin dalam hal waktu ataupun mengerjakan tugas, nilai persahabatan yaitu untuk tidak memilih milih teman, nilai kebersihan juga kesehatan untuk membentuk kebiasaan saya sejak kecil untuk selalu menjaga kebersihan maupun kesehatan diri, adapun kejujuran yg sangat penting untuk membentuk pribadi saya yang lebih baik kedepannya, orang tua saya selalu mengingatkan saya untuk selalu bekerja keras dan tidak mudah putus asa untuk sesuatu yang ingin saya capai, kreatifitas juga sangat mendukung saya dalam berkreasi agar nanti saya bisa menjadi orang yg mempunyai pikiran kreatif dan inovatif, toleransi yang ditanamkan sejak dini pada saya memanglah sangat penting baik itu toleransi ketika tetangga sedang sakit, saya tidak boleh mendengarkan musik terlalu keras, adapun juga toleransi antar umat beragama, adapun nilai tata krama yang baik dan sopan baik dalam berbicara maupun bersikap, nilai agama pun menjadi prioritas utama yg di tanamkan orang tua saya agar saya selalu ingat kepada yang maha pencipta dan selalu bersyukur atas apa yg telah tuhan berikan kepada saya.

Masih banyak sekali ilmu, nasihat, nilai – nilai berharga yang orang tua saya tanamkan kepada saya, tetapi sayangnya ada juga dari beberapa nilai – nilai luhur di atas yang mulai memudar di kalangan masyarakat, seperti tata krama dalam berbicara maupun bersikap yg mulai tidak sopan, banyaknya sampah di mana – mana turut mencerminkan bagaimana sifat kita sebagai masyarakat yang kurang menjaga kebersihan lingkungan bagaimana mau sehat? Kalau lingkunganpun masih tercemar?
Ada juga perang antar saudara bahkan antar umat beragama, banyaknya ketidakjujuran kita sebagai pemimpin, sikap toleransi yang ikut memudar.


Tetapi ada juga nilai luhur yang masih bertahan hingga saat ini, para generasi muda mampu menunjukan kratifitas yang sangat baik dalam menciptakan mesin, robot bahkan kendaraan mobil, gotong royong pun masih sangat kental di negara kita untuk membangun negara untuk menjadi lebih baik lagi. Dan semoga nilai – nilai luhur tidak akan hilang dari diri kita masing – masing.

0 komentar:

 

NOTES OF A DREAMER Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea